Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Bau mulut memang bukan masalah serius yang dapat mengancan nyawa. Namun bau ini dapat mengancam rasa percaya diri.

Apalagi jika Bunda tengah berhadapan dengan orang lain. Pasti bau tidak sedap pada mulut akan membuat Bunda merasa tidak percaya diri untuk mengobrol.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tentu Bunda harus mencari tahu cara menghilangkan bau mulut.

Nah, Jurnal Bunda kali ini akan mengulas kiat menghilangkan bau mulut secara alami. Simak sampai selesai ya!

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis adalah masalah umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut atau malas menggosok gigi merupakan penyebab utama timbulnya bau mulut.

Ketika kita tidak rajin menggosok gigi,  sisa-sisa makanan akan tetap melekat pada gigi. Sisa-sisa makanan itulah yang memicu tumbuhnya bakteri sehingga menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.

Jika tidak segera ditangani, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak hingga menimbulkan plak gigi.

Nah, ketika plak gigi sudah muncul, masalah gigi yang Bunda alami bisa semakin parah. Bukan hanya menimbulkan bau gigi, tapi juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab bau mulut yang lain adalah mulut kering. Produksi air liur biasanya berkurang saat mulut kering. Nah, sedikitnya air liur akibat mulut kering ini juga bisa memicu bau mulut.

Pasalnya, air liur berfungsi membersihkan sisa makanan dan benda asing di dalam mulut. Bau mulut akibat mulut kering ini biasanya terjadi saat kita baru bangun tidur.

Selain itu, masalah bau mulut juga bisa muncul karena beberapa faktor, seperti gaya hidup, makanan yang dikonsumsi,  serta beberapa kondisi lainnya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Bau mulut
Gambar : freepik.com

Berikut ini adalah beberapa cara agar napas tidak bau secara alami yang bisa Bunda terapkan :

Konsumsi Buah dengan Kandungan Vitamin C dan Zat Asam Aktif

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Contohnya seperti buah jeruk dan apel.

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tersebut  dapat merangsang produksi saliva atau air liur sehingga bau mulut dapat dinetralkan .

Adapun buah dengan kandungan zat asam aktif seperti semangka, alpukat, dan melon ampuh untuk membasmi bakteri penyebab halitosis atau bau mulut .

Banyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab bau mulut adalah karena mulut kering. Apalagi bakteri penyebab

Bakteri penyebab bau mulut akan mudah berkembang jika produksi air liur sangat sedikit. Pasalnya, bakteri itu tumbuh subur dalam kondisi lingkungan kering. Bakteri penyebab bau mulut nantinya akan menghasilkan belerang (sulfur) yang sangat menyengat.

Kondisi bau mulut ini bisa diatasi dengan banyak minum air putih untuk merangsang produksi air liur dalam mulut serta membuat kondisi mulut lebih lembab.

Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Makanan beraroma kuat seperti bawang merah, bawang putih, petai, dan jengkol merupakan salah satu penyebab bau mulut tak sedap.

Meskipun rasanya enak dan gurih, makanan tersebut nantinya akan terbawa ke aliran darah juga paru-paru saat bernapas. Untuk itu, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan penyebab bau mulut.

Alih-alih mengonsumsi makanan penyebab bau, lebih baik konsumsi sayur dan buah-buahan berair serta bertekstur renyah. Kamu juga bisa mengatasi masalah bau mulut dengan mengunyah permen karet bebas gula.

Sikat Gigi secara Teratur

Sikat gigi di pagi dan malam hari merupakan rutinitas yang tidak boleh dilewatkan, karena kamu perlu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Kalau tidak, bakteri dan plak akan tumbuh dan menyebabkan bau mulut.

Jangan lupa membersihkan sekitaran mulut dengan menyikat gigi secara rutin. Tidak hanya itu, pasta gigi yang memiliki vitamin dan mineral sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan utama perawatan gigi dan mulut.

Rutin Menyikat Lidah

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya yaitu dengan membersihkan lidah setelah menggosok gigi. Hal ini sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, lidah pun menjadi salah satu tempat bersarangnya bakteri di mulut.

Cukup bersihkan lidah menggunakan tongue cleaner atau scraper (pembersih lidah) dari ujung atas lidah secara perlahan sampai ke pangkal bawah lidah. Kemudian kumur-kumur menggunakan air bersih dan lakukan secara berulang sampai lidah terasa segar.

Rajin melakukan Flossing Gigi

Terkadang sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Apalagi di area yang sulit dijangkau oleh bulu sikat.

Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan flossing secara rutin menggunakan benang gigi. Cara ini pun sangat ampuh untuk membuat napas segar sekaligus memutihkan gigi.

Gunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan mouthwash juga ampuh membersihkan seluruh area mulut dari sisa makanan dan plak. Umumnya, obat kumur mengandung zat aktif anti bakteri seperti Cetylpyridinium Chloride.

Terdapat juga kandungan fluoride dalam obat kumur yang mampu mencegah gigi berlubang. Kamu cukup menggunakan mouthwash dua kali sehari setelah menggosok gigi. Jangan lupa untuk memerhatikan kandungan didalamnya.

Hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat membuat mulut semakin kering. Selain itu, gunakan mouthwash sesuai dosis yang disarankan agar tidak menyebabkan overdosis sehingga berdampak negatif pada tubuh.

Penutup

Bagaimana? Tidak sulit kan menerapkan cara menghilangkan bau mulut secara alami? Cukup dengan memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, kamu bisa terbebas dari masalah bau mulut.

Tentang Penulis

Halo, selamat datang di blog jurnal bunda. Tempat bunda berbagi cerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *